RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Tingkat
Pendidikan : SD.............................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/ Semester :
III / 2
AlokasiWaktu :
2 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi :
4. Memiliki kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
B. Kompetensi
Dasar :
4.1 Mengenal
kekhasan bangsa Indonesia seperti kebhinekaan, kekayaan alam
dan keramah-tamahan
C. Indikator
1.
Kognitif :
Produk:
a.
Menunjukkan contoh adat istiadat yang ada di daerah sekitar tempat
tinggal.
b.
Menunjukkan contoh kebudayaan yang dimiliki bangsa
Indonesia.
c.
Menerangkan
kekhasan yang dimiliki bangsa Indonesia.
d.
Mendeskripskan
kekayaan alam berdasarkan pengalaman yang sudah didapat sebelumnya.
e.
Menyebutkan
contoh hasil kekayaan alam yang ada di Indonesia
f.
Menjelaskan
kekayaan alam dan keragamannya yang dimiliki bangsa Indonesia
.
Proses:
a. Mampu mengidentifikasikan dan menggolongkan tradisi yang ada di sekitar tempat tinggal.
b. Mampu mengidentifikasikan dan menggolongkan tradisi yang dimiliki Indonesia.
c. Mampu menganalisis kekhasan kebudayaan yang dimiliki
bangsa Indonesia.
d. Mampu mendiskusikan bersama teman mengenai kekayaan
alam berdasarkan pengalaman yang sudah didapat sebelumnya.
e. Mampu membandingkan hasil kekayaan alam Indonesia.
f. Mampu menganalisis kekayaan alam yang dimiliki bangsa
Indonesia.
2. Afektif :
a.
Menghargai perbedaan adat istiadat yang ada di sekitar
lingkungan tempat tinggal.
b.
Menghargai perbedaan tradisi atau kebudayaan yang ada di seluruh wilayah Indonesia.
c.
Menjaga
dan melestarikan kekayaan alam yang ada di sekitar.
d.
Menjaga
dan melestarikan budaya bangsa Indonesia.
3. Psikomotor
a.
Melakukan
pengamatan mengenai contoh- contoh adat istiadat yang adadi sekitar lingkungan
tempat tinggal maupun yang ada di seluruh Indonesia.
b.
Mengumpulkan
data kekhasan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
c.
Mengumpulkan
data kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia.
D.
Tujuan Pembelajaran :
1. Kognitif
Produk
-
Siswa
mampu menunjukkan contoh adat istiadat yang ada di daerah sekitar tempat
tinggal.
-
Siswa
mampu menunjukkan contoh kebudayaan yang dimiliki bangsa
Indonesia.
-
Siswa
mampu menerangkan kekhasan yang dimiliki bangsa Indonesia.
-
Siswa
mampu mendeskripskan kekayaan alam berdasarkan pengalaman yang sudah didapat
sebelumnya.
-
Siswa
mampu menyebutkan contoh hasil kekayaan alam yang ada di dataran tinggi
-
Siswa
mampu menyebutkan contoh hasil kekayaan alam yang ada di dataran rendah.
-
Siswa
mampu menjelaskan kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia.
-
Siswa
mampu menerangkan pengertian keramahtamahan.
Proses
- Siswa
mampu
mengidentifikasikan dan menggolongkan tradisi yang ada di sekitar tempat tinggal.
- Siswa
mampu
mengidentifikasikan dan menggolongkan tradisi yang dimiliki Indonesia.
- Siswa
mampu menganalisis kekhasan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
- Siswa
mampu mendiskusikan bersama teman mengenai kekayaan alam berdasarkan pengalaman
yang sudah didapat sebelumnya.
- Siswa
mampu membandingkan hasil kekayaan alam di dataran rendah dengan hasil kekayaan
alam di dataran tinggi.
- Siswa
mampu menganalisis kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia.
- Siswa
mampu menganalisis pengertian keramahtamahan.
2.
Afektif
- Siswa
mampu menghargai perbedaan adat istiadat yang ada di sekitar
lingkungan tempat tinggal.
- Siswa
mampu menghargai perbedaan tradisi atau
kebudayaan yang ada di seluruh wilayah
Indonesia.
- Siswa
mampu menjaga dan melestarikan
kekayaan alam yang ada di sekitar.
- Siswa
mampu menjaga dan melestarikan
budaya keramahtamahan bangsa Indonesia.
3.
Psikomotor
- Melakukan
pengamatan mengenai contoh- contoh adat istiadat yang adadi sekitar lingkungan
tempat tinggal maupun yang ada di seluruh Indonesia.
- Mengumpulkan
data kekhasan kebudayaan yang dimiliki bangsa Indonesia.
- Mengumpulkan
data kekayaan alam yang dimiliki bangsa Indonesia.
- Mendemonstrasikan
pengertian keramahtamahan.
- Siswa
mampu menunjukkan contoh sikap keramahtamahan.
E. Materi
Pembelajaran
Kebhinekaan:
- Indahnya Indonesia
- Ciri Khas Bangsa Indonesia
- Kekayaan Bangsa
- Kekayaan Bahan Tambang Bangsa
- Tentang Indonesia
F. Pendekatan, Model,
dan Metode Pembelajaran
-
Pendekatan
:
Kontekstual
-
Model
:
Cooperatif Learning
-
Metode Pembelajaran : Diskusi, Ceramah, Penugasan, Peragaan
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegiatan
|
Waktu
|
1. KegaiatanAwal
a.
Guru mengucapkan salam di depan kelas.
b.
Guru mengajak siswa untuk berdoa.
c.
Guru melakukan presensi kehadiran siswa
dengan memanggil satu persatu siswanya.
d.
Guru menunjukkan beberapa gambar keanekaragaman budaya Indonesia (seperti
macam-macam rumah adat, pakaian adat, dan yang lainnya) dan melakukan
tanya-jawab singkat tentang daerah asal budaya pada gambar tersebut. (Apersepsi)
e.
Guru memberikan pengarahan tentang materi hari ini (Keanekaragaman Indonesia) dan memberikan tujuan pembelajaran hari ini. (Orientasi)
f.
Siswa bersama guru di kelas bersama-sama menyanyikan lagu “Tanah Airku” sebagai simbol
keanekaragaman Indonesia. (Motivasi)
”Tanah
Airku”
Tanah
airku tidak kulupakan
Kan
terkenang selama hidupku
Biarpun
saya pergi jauh
Tidak
kan hilang dari kalbu
Tanahku
yang kucintai
Engkau
kuhargai
Walaupun
banyak negri kujalani
Yang
masyur permai di kata orang
Tetapi
kampung dan rumahku
Di
sanalah kurasa senang
Tanahku
tak kulupakan
Engkau
kubanggakan
|
10
menit
|
2. Kegiatan Inti (eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi)
a.
Bersama guru siswa membaca teks “Indahnya Indonesia” pada
halaman 92 sampai dengan halaman 93
b.
Guru melakukan tanya –jawab berdasar teks
bacaan lalu masing-masing siswa diminta menyebutkan contoh adat istiadat dan
kekayaan budaya yang ada di sekitarnya
c.
Siswa mencatat soal tentang keanekaragaman
dan kekayaan di Indonesia yang diberikan oleh Guru.
d.
Guru memberikan instruksi cara pengerjaan soal kepada siswa lalu membagi siswa ke dalam kelompok.
e.
Siswa diajak oleh guru untuk berkunjung ke perpustakaan sekolah.
f.
Bersama dengan kelompoknya siswa mulai mengerjakan soal yang di berikan
guru dengan mencari sumber referensi di perpustakaan (Eksplorasi).
g.
Guru mengajak siswa kembali ke kelas setelah habis waktu.
h.
Bersama dengan siswanya guru membahas hasil diskusi tentang keanekaragaman dan kekayaan Indonesia di dalam kelas.
i.
Bersama guru, siswa membaca teks “Kekayaan
Bangsaku” di halaman 97
j.
Siswa menjawab soal-soal pengetahuan di halaman 98 (Elaborasi).
|
55
menit
|
3. KegiatanPenutup
a.
Guru bersama siswa menyimpulkan hasil dari pembelajaran yang telah
dilakukan. (Rangkuman)
b.
Siswa mengerjakan post test untuk mengetahui ketercapaian indikator
dan kompetensi dasar (Evaluasi)
c.
Siswa melakukan refleksi yang diarahkan oleh guru (Refleksi)
d. Guru memberikan tindak lanjut berupa PR untuk menuliskan keragaman
budaya yang ada di sekitarnya dan menjelaskan pembelajaran
esok hari (Tindak lanjut-Konfirmasi)
e.
Kelas ditutup dengan berdoa bersama
|
5
menit
|
H.
Penilaian
1.
Penilaian
Kognitif
a.
Penilaian
Produk (terlampir)
b.
Penilaian
Proses (terlampir)
2.
Penilaian
Afektif (terlampir)
3.
Penilaian
Psikomotor (terlampir)
I.
Media,
Alat, dan Sumber / Bahan Belajar
Media :
Alat :
Sumber :
Sarjan.
2009. Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas III.
Jakarta : Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
(hal 91-112)
J.
Lampiran-lampiran
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Kelompok : ……………………………………….
Anggota Kelompok :
1) ………………………………………………….
2) ………………………………………………….
3) ………………………………………………….
4) ………………………………………………….
5) ………………………………………………….
PETUNJUK:
1. Masuklah ke dalam kelompokmu!
2. Diskusikan keanekaragaman budaya dan kekayaan alam
yang ada di Indonesia.
3. Carilah bahan dari buku referensi yang ada di
perpustakaan!
4. Pilihlah 2 provinsi yang dibahas di dalam kelompok
(setiap kelompok tidak boleh sama)!
5. Tuliskan di lembar berikut ini!
6. Selamat mengerjakan J
LAMPIRAN LEMBAR PENILAIAN
A. Penilaian Kognitif
1. Penilaian Produk
2. Penilaian Proses
Contoh Lembar Observasi Diskusi Kelompok
Nama peserta didik: ________
Kelas: _____
No.
|
Aspek Yang Dinilai
|
Baik
|
Tidak baik
|
1.
|
Kemampuan mengemukakan
pendapat
|
||
2.
|
Kemampuan bertanya
|
||
3.
|
Kemampuan
mempertahankan pendapat
|
||
4.
|
Penguasaan Substansi
materi
|
||
Skor yang dicapai
|
|||
Skor maksimum
|
Keterangan :
Baik mendapat
skor 1
Tidak baik mendapat skor 0
Nilai akhir =
x 100
Lampiran 4. Penilaian Afektif
No.
|
Sikap
|
Belum
terlihat
|
Mulai
terlihat
|
Mulai
berkembang
|
Membudaya
|
Ket
|
1
|
Teliti
|
|||||
2
|
Tanggung
jawab
|
|||||
3
|
Percaya
diri
|
|||||
4
|
Aktif
|
|||||
5
|
Mau
menghargai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar