Sabtu, 30 Mei 2015

RPPTH Kelas I semester 1 tema 3 Subtema 1




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  TEMATIK HARIAN
(RPPTH)

Satuan Pendidikan      :  SD Sanata Dharma
Kelas/Semester          :  I / 1 (satu)
Tema                          :  3. Diriku
Subtema                     :  1. Kegiatan Pagi Hari
Pembelajaran ke         :  2      
Alokasi Waktu            :  5 x 35 menit
           

A.    Kompetensi Inti (KI):

1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B. Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran

No
Kompetensi Dasar
No
Indikator
No
Tujuan Pembelajaran

Bahasa Indonesia




1.1
Menerima anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang dikenal sebagai bahasa persatuan dan sarana belajar di tengah keberagaman bahasa daerah.
1.1.1


1.1.2
Menunjukkan sikap berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing dengan baik.
Menunjukkan rasa syukur memiliki kelengkapan indera.
1.1.1.1


1.1.1.2
Siswa dapat menunjukkan sikap berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing dengan baik.
2.3
Memiliki perilaku santun dan sikap kasih sayang melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/ atau bahasa daerah.
2.3.1
Menunjukkan sikap percaya diri saat bercerita menggunakan Bahasa Indonesia yang baik.
2.3.1.1
Dengan mendengarkan nasihat guru, siswa dapat menunjukkan sikap sopan dan patuh seusai bangun tidur.
3.1
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.1.1

3.1.2
Mengidentifikasi teks lagu “Bangun Tidur”
Mengidentifikasi cerita yang dibacakan.
3.1.1.1

3.1.1.2
Siswa mampu menyebutkan kegiatan-kegiatan yang ada pada teks lagu “Bangun Tidur”
Siswa dapat mengidentifikasikan kegiatan baik dan buruk seusai bangun tidur.
4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
4.1.1

4.1.2
Mengucapkan kembali teks lagu “Bangun Tidur” yang dibaca guru.
Menyanyikan lagu “Bangun Tidur” tanpa diikuti guru
4.1.1.
Siswa dapat melafalkan teks bangun tidur dan mengidentifikasinya

PPKn




1.2
Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
1.2.1
Menunjukkan sikap saling menghargai sesama umat beragama.
1.2.1.1
Siswa dapat menunjukan sikap saling menghargai sesama teman ketika berdoa
2.2
Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
2.2.1
Menunjukkan tindakan tertib dan disiplin di kelas.
2.2.1.1
Dengan disiplin siswa dapat berbaris secara rapi saat memasuki kelas.
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.2.1
Menyebutkan berbagai aturan pada pagi hari dalam keluarga.
3.2.1.1
Siswa mampu menyebutkan aturan-aturan pada pagi hari di dalam keluarga dengan lancar.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
4.2.1
Mempraktikkan kegiatan pagi hari sesuai dengan aturan di keluarga.
4.2.1.1
Siswa mampu mempraktikan kegiatan pagi hari sesuai dengan aturan di keluarga.

SBdP




1.1
Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
1.1.1
Menunjukkan sikap bersyukur atas keindahan alam sekitar dan teman-teman.
1.1.1.1
Siswa mampu menunjukkan sikap bersyukur atas teman-teman dan alam yang indah di sekitarnya dengan tepat.
2.1
Menunjukkan rasa percaya diri untuk berlatih mengekspresikan diri dalam mengolah karya seni.
2.1.1
Menunjukkan sikap percaya diri ketika bermain ekspresi
2.1.1.1
Siswa menunjukkan rasa percaya diri ketika bermain ekspresi tanpa malu.
3.1
Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
3.1.1
Menjelaskan tentang isi lagu “Bangun Tidur”
3.1.1.1
Siswa mampu menjelaskan isi lagu dari “Bangun Tidur”
4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
4.1.1
Membuat gambar tentang kebiasaan pagi hari di rumah.
4.1.1.1
Siswa mampu membuat gambar tentang kebiasaan pagi hari di rumah.







C.    Materi Pembelajaran
PPKn
1.      Tata tertib dan aturan yang berlaku di rumah maupun di sekolah.
2.      Tata tertib dirumah dan di sekolah

Bahasa Indonesia 
1.      Teks teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam.
2.      Penyampaian  teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis.

SBDP 
1.      Gambar ekspresi tentang lingkungan dengan mengolah garis, warna dan bentuk

D.    Pendekatan, Model, dan Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan:
ü  Tematik Integratif
ü  Pendekatan saintifik.
2.      Model:
ü  Pembelajaran Berbasis Discovery (PBD)
3.      Metode:
ü  Menyanyi bersama
ü  Menonton video
ü  Diskusi
ü  Tanya-jawab
ü  Mendengarkan dongeng
ü  Permainan kartu kwartet
E.     Media, Alat/Bahan, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media: Kartu Kwartet, kaos kaki, video lagu “Bangun Tidur”
2.      Alat/Bahan: laptop, viewer, karton
3.      Sumber Belajar:
Kemendikbud, 2014, Buku Guru Tema 3 Kelas I: Kegiatanku, Jakarta:  Kemendikbud. hal 1-12.
Kemendikbud, 2014, Buku Siswa Tema 3 Kelas I: Kegiatanku,Jakarta: Kemendikbud. hal. 1- 12. Kegiatan di pagi hari.

F.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Penggalan 1 (3 x 35 menit):

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu

Pendahuluan

1.      Guru mengajak siswa untuk berdoa
2.      Guru mengucapkan salam.
3.      Guru melakukan presensi kehadiran siswa.
4.      Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan pembelajaran – pembelajaran yang dilakukan sebelumnya.
5.      Guru menanyakan :
a.       Siapa yang masih susah bangun pagi?
b.      Siapa yang mudah dibangunkan oleh orang tuanya?
c.       Siapa yang dibangunkan malah marah – marah?
6.      Guru memberikan gambaran kegiatan yang akan mereka lakukan hari ini dan memberi tahu tujuan apa saja yang akan dicapai dari kegiatan tersebut.
7.      Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “Bangun Tidur” untuk memotivasi siswa agar bersemangat dalam mengikuti pembelajaran

10 menit







Kegiatan Inti
1.   Guru bersama siswa melakukan tanya jawab tentang kegiatan apa saja yang biasanya dilakukan setelah bangun tidur.
2.   Guru menanyakan manfaat atau fungsi dari masing – masing kegiatan yang dilakukan.
3.   Siswa diajak guru melakukan permainan ekspresi dengan menunjukkan ekspresi bangun tidur atau saat siswa dibangunkan.
4.   Guru  kemudian meminta dua siswa untuk mendemonstrasikan cara peregangan tubuh saat bangun tidur.
5.   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal yang belum jelas tentang “cara peregangan tubuh” tadi.
6.   Guru membacakan siswa teks lagu bangun tidur
7.   Siswa menyimak baik-baik teks yang dibacakan oleh guru.
8.   Guru bertanya kegiatan yang ada pada lagu “Bangun Tidur”.
9.   Beberapa siswa diminta menjawab.
10.              Guru bertanya kepada siswa “Apa saja kegiatan yang kalian lakukan saat pagi hari?”
11.              Siswa diminta untuk menuliskan dan menceritakan di depan kelas.
12.              Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok
13.              Guru akan memberikan sebuah permainan kartu kwartet akan tetapi siswa diberi pengarahan terlebih dahulu.
14.              Siswa melakukan permainan kartu kwartet lalu melalui gambarnya siswa diminta untuk menyusun cerita.
15.              Untuk penguatan, guru menyiapkan papan gambar.
16.              Beberapa siswa dalam kelompok maju untuk menempelkan gambar secara berurutan kegiatannya.
85 menit
Penutup
1.      Guru memandu siswa untuk merangkum/menyimpulkan apa yang sudah dipelajari
2.Guru mengajak siswa untuk melakukan refleksi atas kegiatan yang baru saja mereka lakukan.
3.Guru mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur kepada Tuhan karena setiap bangun tidur masih diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan
4.Guru mempersilahkan siswa untuk beristirahat.
10 menit
Penggalan 2 (2 x 35 menit)

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu

Pendahuluan

1.      Guru mengucapkan salam.
2.      Menanyakan kegiatan siswa saat istirahat.
3.      Guru melakukan presensi pada siswa.
4.      Guru menjelaskan apa saja kegiatan yang akan mereka lakukan saat it danu apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut.
5.      Guru mengajak siswa menonton video “Kegiatan Diva”

10 menit




Kegiatan Inti
1.      Guru menanyakan kepada siswa “Apa saja kegiatan yang dilakukan Diva tadi?”
2.      Beberapa siswa diminta menjawab.
3.      Guru  memberikan sebuah dongeng menggunakan kaos kaki dan siswa melihat dan menyimak.
4.      Siswa diminta mengidentifikasi isi cerita.
5.      Guru mengevaluasi siswa bercermin dari dongeng yang disampaikan.
6.      Guru meminta siswa mengamati gambar pada buku siswa.
7.      Guru meminta siswa untuk mengurutkan gambar dengan memberikan nomor pada kotak yang tersedia di bawah gambar.
8.      Guru menyampaikan kepada siswa bahwa setiap anak mempunyai kegiatan yang berbeda-beda di pagi hari.
9.      Siswa menceritakan sesuai urutan gambar yang dibuatnya.
85 menit
Penutup
1.Guru memandu siswa untuk merangkum/menyimpulkan apa yang sudah dipelajari
2.Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menggambarkan kegiatan mereka di pagi hari. Dan dikumpulkan di hari berikutnya.
3.Guru mengajak siswa untuk melakukan refleksi atas kegiatan yang baru saja mereka lakukan
4.Guru meminta salah satu siswa untuk memimpin doa sebelum pulang.
5.Guru mengucapkan salam kepada siswa.
10 menit


G.    Teknik Penilaian

Ranah
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Sikap Spiritual
Bahasa Indonesia
1.1.1 Menunjukkan sikap berdoa sesuai dengan kepercayaan masing-masing dengan baik.
PPKn
1.2.1 Menunjukkan sikap saling menghargai sesama umat beragama.
SBdP
1.1.1 Merasakan keindahan alam sebagai salah satu tanda-tanda kekuasaan Tuhan.
Obeservasi


Sikap Sosial
Bahasa Indonesia
2.1.1 ....
Observasi


Pengetahuan
Bahasa Indonesia
3.1.1 Mengidentifikasi teks lagu “Bangun Tidur”
PPKn
3..2.1 Menyebutkan berbagai aturan pada pagi hari dalam keluarga.
SBdP
3.1.1 Menjelaskan tentang isi lagu “Bangun Tidur”



Keterampilan
Bahasa Indonesia
4.1.1 Mengucapkan kembali teks lagu “Bangun Tidur” yang dibaca guru.
PPKn
4.2,1 Mempraktikkan kegiatan pagi hari sesuai dengan aturan di keluarga.
SBdP
4.1.1 Membuat gambar tentang kebiasaan pagi hari di rumah.




                                               
                                                                                                                                                            Yogyakarta, ………………………..2014
Menyetujui,                                                                                                                                         Nama Guru Kelas,
Instruktur

(…………………………………)                                                                                                       (………………………………………….)







LAMPIRAN

1.        Materi Ajar
2.        LKS (dikopi dari halaman-halaman Buku Siswa yang akan digunakan)
3.        Media (Lampiran media gambar, foto, diagram, yang akan digunakan)
4.        Instrumen Penilaian (untuk Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan)
5.        Kunci Jawaban dan Rubrik Penyekoran.



Lampiran 1
Materi Ajar

I.                  Lagu Anak
Bangun Tidur
Cipt : Pak Kasur         

Bangun tidur kuterus mandi...
Tidak lupa menggosok gigi...
Habis mandi kutolong ibu...
Membersihkan tempat tidurku...

II.               Dongeng Anak
“Flo si Pemalas”
            Alkisah, ada seorang anak perempuan berumur 7 tahun yang bernama Flo. Dia bersekolah di SD Sanata Dharma sebagai siswa kelas 1. Dia seorang anak yang cerdas, periang dan Flo menjadi anak yang disenangi banyak orang. Tetapi, di sisi lain dia memiliki kebiasaan yang tidak baik, dia adalah anak yang pemalas. Bukan pemalas dalam berkegiatan, tetapi dia malas ke kamar mandi setiap malamnya. Sehingga dia masih sering kali mengompol dan juga malas membantu Ibunya membereskan tempat tidur. Dia tidak akan bangun jika belum diteriak-teriaki oleh Ibunya. Bau pesing di tempat tidurnya. Bantal, guling, kasur, dan selimutnya pun sampai pudar warnanya karena setiap hari dijemur ibunya.
            Hari itu, hari Senin. Flo harus berangkat pagi karena akan ada upacara dan juga renungan pagi di sekolah. Tetapi dia masih saja tidur nyenyang di ranjangnya, sengaja ibunya tidak membangunkannya. Ibunya Flo jengkel dan kesal karena anaknya masih saja malas. Flo pun terbangun karena baju yang dipakainya basah akibat ompolnya. Dia kaget bukan kepalang saat melihat jam dinding menunjukkan pukul 06.25. dia segera bangkit dan berlari ke kamar untuk mandi. Mandinya pun asal cepat. Dia menggerutu sendiri karena Ibu tidak membangunkannya.
Saat di meja makan dia mengambil bekal yang disiapkan ibunya tetap dengan mengomel. Ibunya Flo hanya tesenyum dan berharap itu membuat jera anaknya dan membuatnya semakin mandiri. Sampai di sekolahan, Flo sudah terlambat. Dan dia harus berdiri menghadap teman-temannya di lapangan sambil menahan malu dan tangis. Dia kesal karena tidak dibangunkan ibunya. Saat kembali ke rumah, Flo ngambek dengan Ibunya. Dia langsung masuk ke kamarnya. Ternyata kamar Flo masih berantakan dan berbau pesing akibat ompolnya semalam. Dia semakin kesal dengan ibunya. Dengan setengah hati dia membereskan kamarnya yang berantakan. Selimut dan sprei di taruhnya di ruang cuci. Dia pun naik kursi untuk mengambil kain sprei yang ditaruh ibunya di rak atas. Dia memasangnya sendri walau pun tidak sempurna. Ibunya yang melihat hal itu tersenyum pada Flo. Kemudian mendatangi anaknya tersebut. Beliau menjelaskan alasannya kenapa sengaja tidak membangunkannya. Flo pun menangis sesegukan dan lama-lama pudarlah rasa kesalnya ke ibu dan mulai mengerti. Dia berjanji pada ibunya untuk tidak malas lagi dan mengompol. Dia akan sedikit-sedikit belajar untuk menjadi anak yang rajin.



Evaluasi
1.      Kegiatan apa saja yang disebutkan dalam lagu “Bangun Tidur”?
2.      Apa yang kamu lakukan setelah bangun tidur?
3.      Mengapa kita harus rajin mandi dan menggosok gigi?
4.      Apakah kalian senang jika kamar kalian rapi?
5.      Siapa yang seharusnya merapikan kamar kalian?
6.      Apa saja kebiasaan buruk yang dilakukan Flo?
7.      Dapatkah kebiasaan buruk Flo dicontoh?
8.      Apa yang seharusnya Flo lakukan?


Evaluasi
  1. Bangun tidur, mandi, menggosok gigi, menolong Ibu membersihkan tempat tidur
  2. Disesuaikan jawaban siswa
  3. Supaya bersih dan hidup sehat
  4. Disesuaikan jawaban dari siswa.
  5. Saya.
  6. Suka mengompol dan malas membereskan tempat tidur sendiri.
  7. Tidak.
  8. Ke kamar mandi jika kebelet pipis dan mau membereskan tempat tidur sendiri.

Lampiran 3
Media - terpisah

Lampiran 4
Penilaian

Aspek Penilaian

Aspek
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup baik
(2)
Kurang baik
(1)
Spiritualitas
Berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing dengan sikap yang baik dan benar
Berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing dengan sikap yang baik
Berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing akan tetapi sikap berdoa belum baik dan benar
Ketika waktu berdoa, anak mengganggu temannya yang sedang berdoa
Kedisiplinan
Selalu mengumpulkan tugas tepat waktu, masuk kelas tepat waktu, mengerjakan tugas tepat waktu
Mengumpulkan tugas tepat waktu, mengerjakan tugas tepat waktu
Mengumpulkan tugas tepat waktu
belum bisa mengumpulkan tugas, mengerjakan tugas dan masuk kelas secara tepat waktu 
Keaktifan
Siswa banyak mengajukan pertanyaan dan pendapat
Siswa cukup mengajukan pertanyaan dan pendapat
Siswa sedikit mengajukan pertanyaan dan pendapat
Siswa tidak mengajukan pertanyaan dan pendapat
Kepercayaan Diri
Tidak terlihat ragu-ragu
Terlihat ragu-ragu
Memerlukan bantuan guru
Belum menunjukkan kepercayaan diri

Aspek
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup baik
(2)
Kurang baik
(1)
Isi dan pengetahuan
Menyebutkan isi lagu “Bangun Tidur” secara lengkap dan jelas
Menyebutkan isi lagu “Bangun Tidur” secara lengkap
Menyebutkan isi lagu “Bangun tidur kurang lengkap dan jelas
Menyebutkan isi lagu “Bangun Tidur” kurang lengkap”
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penyampaian sesuai dengan kemampuan anak kelas 1 SD
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam keseluruhan penyampaian sesuai dengan kemampuan anak kelas 1 SD
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam sebagian besar penyampaian sesuai dengan kemampuan anak kelas 1 SD
Bahasa Indonesia yang baik dan benar digunakan dengan efisien dalam sebagian kecil penyampaian sesuai dengan kemampuan anak kelas 1 SD


Rubrik Penilaian Sikap
No
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Santun
Tanggung Jawab
Peduli
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.













2.













3.













Keterangan :
BT : Belum Terlihat
T   : Terlihat
M : Menonjol
Berilah dengan centang (ü) pada kolom yang sesuai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar